BTCClicks.com Banner bitcoinaliens

www.speedcash.co.id

bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

www.fasapay.co.id

FasaPay Online Payment System

TSEL COMUNITY

Gratis Nelpon dan SMS

Minggu, 06 Februari 2011

By pitoyo
laptop_diatas_bantal Ini pengalaman saat otak-atik laptop Compaq V3000 milik teman saya, kasusnya adalah: Laptop tidak bisa masuk windows dengan pesan error:  missing file / file not found. Pemilik laptop minta agar data-data di HD terutama di drive C agar diselamatkan.
Proses backup data dari laptop ke HD WDC 1 tera black tidak mengalami hambatan yang berarti. Dengan menggunakan converter Sata to USB semua data penting di laptop saya copy ke HD WDC 1 Tera Black yang menjadi external HD. Proses backup memakan waktu sekitar 30 menit. Ada hal lain yang ingin saya ceritakan saat melakukan pengecekan laptop ini.
sebelum melakukan backup data. Saya coba-coba explorasi Laptop ini terlebih dahulu untuk menganalisa problem apa yang sebenarnya terjadi pada laptop ini.
Sambil tiduran di kasur,  laptop saya letakkan diatas bantal. Wah… nyaman rasanya. kayak kelas eksekutip githu lhohh…. ehheheheheh…
Namun sebenarnya boleh ngga ya kita menggunakan laptop dengan posisi seperti ini? Silakan baca pengalaman saya dalam artikel berjudul  “Laptop di Atas Bantal”. Maaf jika membaca judul ini ternyata isinya tidak ditemukan kemiripan atau sama sekali atau tidak persis dengan cerita film Indonesia yang judulnya mirip. huhuhu…
bantallaptopSaya sempat menggunakan laptop ini dengan menaruhnya di atas bantal selama kurang lebih 1 jam, sampai akhirnya saya berpikir “Kenapa laptop ini cepat panas? apa kipasnya rusak yah?” Selidik punya selidik, saya coba membalik laptop untuk melihat bagian sisi bawah laptop.
Gubrakzzz… Gedhabrukkk… Prittt !!!!! :(   ternyata saya baru saja melakukan kesalahan. Karena lubang sirkulasi laptop semua berada di bawah. Sementara Bantal yang saya gunakan sebagai alas laptop menjadi penghambat sirkulasi udara. Ibarat orang yang sedang bernafas dibungkam dengan bantal. Wadauw… sesak nafas duehh.. :(
Dari cerita pengalaman ini semoga menjadi pelajaran berharga bagi semua. Bahwa menaruh laptop sembarangan dalam keadaan hidup bisa beresiko seperti cerita diatas. Untuk itu ada beberapa tips / saran dari saya:
  1. Jangan menggunakan laptop sambil meletakkan di atas bantal, kasur, diatas selimut, atau bahan-bahan sejenis.
  2. jangan menggunakan laptop sambil dipangku. Karena dengan dipangku juga bisa saja membuat bagian bawah yang berfungsi sebagai jalan sirkulasi udara jadi tertutup. Jika terpaksa jangan terlalu lama.
  3. Gunakan dock blower yang bagus untuk membantu mendinginkan laptop saat digunakan.
Mungkin pembaca bertanya atau penasaran, bagaimana dengan  HD WDC 1 Tera sendiri jika diletakkan diatas bantal? Dari pengalaman ini saya punya ide untuk menguji perbedaan suhu WDC 1 Tera Black ini jika diletakkan di atas bantal atau jika dimasukkan plastik dalam keadaan hidup-hidup (hiiiiiii !!!!!).
Kira-kira bagaimana hasilnya  nanti ya?  apakah HD menjadi lebih panas ataukah tidak ada perbedaan suhu sama sekali. Silahkan pantau terus blog WD My Drive My Life ini agar tidak terlewatkan.

TSEL COMUNITY

Tawk.to